Akar Bahar dan Kayu Laut Kerajinan asal Pulau Banyak-Aceh singkil

KERAJINAN AKAR BAHAR DAN KAYU LAUT ASAL PULAU BANYAK

Hai Sobat..... Jumpa lagi dengan saya di Artikel yang berbeda di Blog saya ini, kali ini saya akan membahas tetntang kerajinan Akar Bahar/Kayu Laut yang terdapat di kecamatan Pulau Banyak, yang sebelumnya dalam artikel saya membahas tentang Pesona Panorama Keindahan Pulau Banyak.

Di dalam Artikel ini saya akan membawa Sobat Mengenal lebih Jauh dan lebih dalam Pesona dari Pulau Banyak dengan kerajinannya yang mungkin di suatu saat apabila Sobat berkunjung ke Pulau Banyak Sobat Bisa membawa Oleh-oleh Kerajinannya untuk Sobat berikan kepada Kekasih, Keluarga, Sanak Family, Sahabat dan Kerabat sobat.

Baiklah Sobat kita langsung aja ya......

Pengertian Dari Akar Bahar
Akar Bahar atau pada awamnya di sebut juga dengan Kayu Laut adalah Tumbuhan alam yang berbentuk seperti tumbuhan pepohonan di daratan yang terdapat di kedalaman Laut Indonesia yang salah satunya terdapat juga di wilayah kecamatan Pulau Banyak.

Bagaimana Cara Mendapatkannya
Untuk memperoleh Akar Bahar sebagai bahan baku sebelum di jadikan Suatu kerajinan yang bermanfaat, menarik dan mempunyai banyak kegunaan nya....Tidaklah mudah, karena untuk mendapatkannya para penyelam harus menyelam ke dasar laut dengan kedalam berkisar antara 30m sampai dengan 40m di dasar laut serta menggunakan peralatan menyelam yang memadai guna mendukung keselamatan si penyelam selama berada di dasar Laut.
Karena si penyelam haruslah benar-benar aman selama mereka berada di dasar laut, sebab yang di takuti para penyelam di dasar laut adalah hewan-hewan laut yang sangat berbahaya seperti Ikan Hiu dan Ikan Gigi Gergaji.Makanya bagi seorang penyelam harus memiliki keterampilan, kemampuan dan pengalaman khusus serta di dukung peralatan khusus untuk memperoleh Akar Bahar.
Atau sobat pun bisa membelinya dari para pencari Akar Bahar, Kalau ditempat saya satu rumpunnya bervariasi berkisar 30.000~50.000 yang kualitas standard dan 75.000~ratusan ribu untuk Kualitas supernya.

Manfaat Akar Bahar
Akar Bahar merupakan barang bertuah dari alam yang sudah ada terisi khasiatnya dari alam diantaranya :
  1.  Melindungi Sobat dengan perisai Gaib dari guna-guna, santet, gangguan roh halus
  2.  Membalikkan Emosi dan niat jahat seseorang
  3.  Menghindari Sobat dari serangan binatang Buas dan binatang Berbisa
  4.  Menetralisir Keracunan
  5.  Menyingkirkan semua energi jahat di sekitar sobat
  6.  Dan Masih banyak lagi Manfaatnya bila sobat memakainya
Pantangan dan Syarat Khusus Menggunakan Akar Bahar
Tidak ada...!!! Tidak ada pantangan dan syarat Khusus bagi pengguna Akar Bahar. Selain itu Akar Bahar terbukti sangatlah aman (Tanpa efek samping) meskipun di pakai oleh orang yang sama sekali tidak faham dan mengerti dengan dunia mistik.
Bahkan semua orang bisa memakainya tidak memandang Kalangan dan Usia si Pemakai, contohnya saya sendiri saya dan keluarga juga memakainya termasuk anak saya yang bisa dikatan masih berusia Balita.

Pengolahan Bahan Baku Akar Bahar
Untuk pengolahan bahan baku Akar Bahar sendiri agar menjadi suatu Produk yang berkualitas bagi saya sangatlah gampang dan mudah sebab saya sendiri langsung terjun dalam pengolahannya. Tapi bagi sobat yang tidak mempunyai jiwa seni yang tinggi dan belum pernah berkecimpung di dalamnya mungkin agak rumit.
Nah...Disini akan saya jelaskan tahap-tahap Proses pembuatannya, kita simak sama-sama ya....
Adapun alat-alat yang digunakan dan yang dibutuhkan adalah :
  1.  Gergaji Besi
  2.  Tang Pemotong
  3.  Lem Setan/Lem besi merk B+
  4.  Pengukur Lingkaran Jari
  5.  Mesin Gerinda Penggosok
  6.  Kertas Pasir/Amplas
  7.  Mesin Bor duduk
  8.  Pisau Ukir
  9.  Lampu Teplok
  10.  Minyak Goreng
  11.  Auto Sol (yang batangan)
  12.  Kain
Dalam Pengolahan Akar Bahar yang saya jelaskan disini ada 2 yaitu :

1. Pengolahan Akar Bahar menjadi Gelang
Sebelum kita olah menjadi bentuk Gelang pertama-tama yang kita lakukan adalah bahan baku Akar Bahar kita jemur di bawah sinar terik matahai untuk mengeluarkan kandungan airnya agar bahan baku menjadi kering.
  • Setelah kering, Kita potong bagian akar bahar yang bermotif bagus untuk dijadikan gelang dengan menggunakan Gergaji besi, potonglah kira-kira cukup untuk melingkar di lengan Sobat.
  • Potong Ranting-rantingnya yang tidak diperlukan dengan Tang Pemotong.
  • Buanglah Kulit bagian luarnya dengan cara menggosok perlahan menggunakan Mesin Gerinda Penggosok.
  • Setelah Kulit bagian luarnya sudah hilang, maka Amplaslah dengan Kertas Pasir/Amplas halus ukuran 1000 di seluruh bagiannya.
  • Tambahan jika Sobat ingin Hasil yang lebih bagus, Sobat bisa mengukirnya dengan menggunakan Pisau Ukir.
  • Nah sekarang bagian yang gampang-gampang susah yaitu membentuk lingkarannya, pada proses ini oleskanlah seluruh bagian menggunakan Minyak Goreng kemudian letakkan di atas nyala api lampu teplok (cukup panas dari api teplok jangan nempel ke apinya) sambil membentuk lingkarannya yang Sobat inginkan.
  • Setelah bentuk lingkarannya sudah berbentuk menjadi Gelang, Lap lah dengan kain untuk menhilangkan sisa Minyak nya dan kemudian Oleskanlah seluruh bagiannya dengan menngunakan Auto Sol dengan merata.
  • Dan Gosok-gosoklah Gelang tersebut dengan menggunakan Kain yang telah Sobat siapkan sampai mengkilat yang sobat inginkan.
  • Nah....Jreng..jreng....gelang Sobat sudah siap untuk di pakai.

2. Pengolahan Kayu laut Menjadi Gagang Cincin
Sebelum proses pembuatannya dimulai, langkah pertama yaitu sama dengan Point di atas terlebih dahulu dengan cara proses pengeringan Bahan Bakunya.
  • Terlebih dahulu Ukurlah jari sobat yang akan memakai cincinnya dengan menggunakan pengukur Lingkaran Jari.
  • Siapkan contoh gagang cincin dan Batu cincin kesukaan sobat yang di beli di toko cincin.
  • Potonglah batang kayu laut ndengan menggunakan Gergaji Besi yang sesuai bentuk besar lingkarannya seperti contoh gagang.
  • Lubangi Bagian dalam lingkaran dengan menggunakan Mesin Bor Duduk sesuai dengan Ukuran Lingkan Jari Sobat yang sudah di ukur tadi.
  • Kemudian Buanglah Kulit bagian luarnya menggunakan Mesin gerinda Penggosok.
  • Setelah itu bentuklah gagang dan dudukan batu cincin seperti contoh gagang cincin yang sobat siapkan dengan menggunakan pisau ukir.
  • Setelah bentuk di dapat, Gosoklah menggunakan kertas pasir/amplas kasar untuk meratakan permukaan yang tidak merata dan amplas halus untuk menghaluskan permukaan.
  • Dan Pasnglah Batu Cincin pada dudukannya menggunakan Lem Setan.
  • Kemudian untuk mendapatkan hasil yang sempurna dan kinclong, sobat Oleskan menggunakan Auto Sol dengan merata dan gosoklah menggunakan kain sampai hasil yang sobat inginkan.
  • Dan cincin pun Siap Sobat pakai.

Harga Atau Mahar Akar Bahar dan kayu laut Siap Pakai
Untuk Harga sangatla berpariasi tergantung dari daerah pembuatan dan si pembuat, Kalau di tempat saya disini untuk harga Gelang nya berkisar antara 300.000 sampai 500.000, dan untuk Gagang Cincinnya sendiri berkisaran antara 400.000 sampai 700.000 an.
Jika sobat berminat bisa nego di kontak ke mail atau no hp saya. Dijamin barang sampai.

Nah Sobat....demikianlah Ulasan saya mengenai Akar Bahar dan kayu laut, semoga Sobat tidak Bosan untuk membaca Artikel saya ini dan atas Kunjungannya saya Ucapkan terimakasih serta jangan lupa bila sudah mampir sudilah kiranya sobat untuk komentar, like dan share postingan ini demi kemajuan blog saya ini....sekali lagi saya ucapkan Terimakasih.
Sampai Jumpa di Artikel saya berikutnya.....Semoga Bermanfaat
Latest
First